8 / 100

Reni Bessie, S.Pd. (Guru Bidang Studi Matematika)

Guru sebagai seorang pendidik tidak hanya tahu tentang materi yang akan diajarkan di kelas, tetapi guru juga harus memiliki kepribadian yang kuat yang akan menjadi contoh baik bagi siswa-siswi yang dididiknya. Guru tidak hanya mengajarkan siswa-siswinya untuk mengetahui beberapa hal, namun harus melatih mereka tentang keterampilan, sikap dan mental siswa-
siswinya.

Jadi peran kita sebagai guru bukan hanya mentransfer ilmu, namun dapat menempatkan diri sebagai teladan bagi anak-anak yang kita didik. Bukan berarti bahwa guru harus menjadi manusia sempurna yang tidak  pernah bersalah, tetapi guru harus berusaha menghindari perbuatan tercelah yang akan menjatuhkan harga dirinya. Seorang guru juga harus mengenal siswanya, tidak hanya mengenai kebutuhan, cara belajar dan gaya belajarnya saja, akan tetapi, guru harus mengetahui sifat, bakat, dan minat masing-masing siswanya sebagai seorang pribadi yang berbeda satu sama lain.  Serta guru harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas tentang materi yang diajarkan.

Menjadi guru adalah profesi yang mulia, kita harus totalitas dalam mendidik, membimbing dan mengajar mereka. Tentu saja dalam hal ini, kita harus melibatkan hati kita sendiri sehingga apapun yang kita korbankan bagi anak-anak kita, kita tidak akan memperhitungkan untung atau pun rugi. Jadilah guru yang siap bayar harga dan memberikan yang terbaik dari apa yang sudah Tuhan percayakan dalam kehidupan kita!