6 / 100

Kata “pahlawan” berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama. pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Jadi kepahlawanan adalah tindakan seorang pahlawan, yaitu suatu sikap yang dimiliki seseorang dan menunjukkan jiwa atau sifat keberanian, keperkasaan, kegagahan dan kerelaan untuk berkorban dalam membela kebenaran dan keadilan. Pahlawan sejati adalah seseorang yang secara pribadi berjuang untuk kebaikan dan kejujuran yang dilandasi oleh semangat dan keikhlasan untuk melakukan setiap tindakan nyata karena menjadi seorang pahlawan tidak selalu harus secara legal formal. Karakteristik seorang pahlawan yaitu orang yang mempunyai nilai-nilai positif dalam lingkungan kehidupan. Nilai-nilai positif kepahlawanan bersifat heroisme, patriotisme dan nasionalisme sebagai pencerminan watak generasi sebelumnya.

Para pejuang saat ini adalah mereka yang bersungguh-sungguh, rela berkorban, teguh pendirian, ulet, dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mereka bisa berprofesi sebagai guru, pelajar, dokter, TNI Polri atau apapun profesinya. Dalam konteks kelembagaan negara, kata pahlawan merupakan penghargaan formal yang disepakati oleh komponen bangsa yang selanjutnya disahkan oleh pejabat politik yaitu presiden, sehingga pada tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan nasional.

Pada tahun 2020 ini bangsa Indonesia pun saat ini tengah berjuang, berperang dalam bidang kesehatan untuk mengatasi wabah penyakit mematikan Covid-19.

Wabah ini bukan hanya menyerang kesehatan tapi juga menyerang semua sendi-sendi bangsa baik itu ekonomi, politik dan lain sebagainya. Banyak anak-anak bangsa gugur melawan ganasnya wabah virus ini namun jiwa patriotisme, jiwa kepahlawanan yang sudah mendarah daging ini tidak membuat kita semua putus asa. Kita semua dapat melihat, menyaksikan sendiri pahlawan-pahlawan dari semua bidang bahkan mungkin kita juga termasuk dalam pahlawan tersebut, semua itu hanya dapat dinilai dan dirasakan oleh mereka yang terlindungi, terbantu oleh kerja dan perjuangan kita. Jangan pernah berhenti berjuang, jangan putus asa karena negara ini adalah negara dan bangsa pejuang, negara dan bangsa para pahlawan..