8 / 100

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unwira Kupang

Dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Bapak Drs. Aloysius, M.Pd. dan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri atas dosen dan mahasiswa turun langsung ke SMA Kristen Pandhega Jaya, pada Jumat, 10 Desember 2021. Beliau dan tim melakukan kunjungan dan melaksanakan pelatihan pembuatan tempe dengan menggunakan kacang merah (phaseolus vulgaris).

Sebagaimana diketahui, selama ini kita mengenal dan mengkonsumsi tempe berbahan dasar kacang kedelai, namun pada pelatihan kali ini tim PKM Unwira mengajak para siswa untuk berkreasi dalam memanfaatkan tanaman kacang merah yang mudah didapatkan di pasar maupun dapat di tanam sendiri untuk membuat dan mengkonsumsi kacang merah dalam bentuk tempe. Pada pelatihan ini terlihat bahwa proses pembuatan tempe tidak berbeda jauh dengan tempe yang menggunakan kacang kedelai. Pembuatan tempe kacang merah ini hanya perlu dipisahkan kulitnya setelah direbus beberapa saat.

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan dan kepercayaan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unwira Kupang, khususnya program studi Pendidikan Biologi yang memilih secara khusus sekolah kami dalam melaksanakan pengabdiannya. Setiap ilmu yang diperoleh akan kami manfaatkan dengan baik.